Pengertian Barang Gelap alias Black Market di Batam

Hi, saya sudah dinas di Batam. Beberapa waktu lalu saya mengelilingi pasar swalayan dan ruko-ruko yang menjual barang-barang gelap alias Black Market.

Kenapa bisa disebut Black Market? Karena di Batam bebas dari pajak sehingga barang-barang yang masuk dari bea tidak akan dikenakan pajak. Namun jangan diartikan bahwa barang gelap/black market merupakan barang dengan harga 50% dari harga barang di Jakarta.

Penjual-penjual disana mengklaim bahwa barang gelap/black market itu hanya selisih Rp.400.000 – 600.000 dari harga pasaran di Jakarta, so jangan mudah tertipu oleh web-web yang menjualkan barang-barang gelap di bawah 50% harga Jakarta.

Seperti situs jejaring sosial  facebook dan web blogspot yang banyak menjajahkan barang gelap/black market dengan melakukan transaksi lebih dahulu dan mengirim kemudian. Perlu diketahui harga barang yang telah diposting pada web tersebut adalah harga  50% dari harga pasar di Jakarta = PENIPUAN.

Secara logika bahwa barang yang dijual dan berlokasi di Batam tidak mungkin harga tersebut dibawah 50% dari harga pasaran Jakarta.

Banyak situs-situs seperti blogspot dan facebook yang mengklaim bahwa barang mereka adalah dari Batam. Ternyata TIDAK! Mengapa? Mereka hanya memposting spesifikasi dan foto-foto yang diambil di dunia Maya. Dengan menjebak pembeli untuk melakukan transaksi lebih dahulu.

Sampai saat ini penipuan semacam ini sudah marak populer. Hati-hati lah membeli barang melalui situs-situs jejaring sosial seperti facebook ataupun blogspot dan menyatakan lokasi di Batam. Terkecuali mereka bermodal hosting dan domain yang sudah ditetapkan juga mempunyai sistem pemesanan mereka sendiri.

Foto berikut adalah web scammer/Penipuan yang berlokasi di Batam. Seperti kita ketahui harga barang tidak mungkin dibawah harga pasar Jakarta. Silahkan anda cek keberadaan harga barang-barang diatas :).

Harap berhati-hatilah membeli barang disitus yang mengaku di Batam dan tidak tahu lokasi Plaza-Plaza di Batam.

Masih penasaran sama barang-barang yang dijual dengan harga sinting diatas? Telp saja penjualnya.. 😀 Urusan diangkat telp atau dibalas SMS nya itu terserah anda :).

22 thoughts on “Pengertian Barang Gelap alias Black Market di Batam

  1. setuju dengan komentar di atas. jangan percaya dengan penjual yang menjual barang 50% dari harga pasar. jugu jangan percaya pada penjual yang menjual barang dengan mengirim uang terlebih dahulu, barang dikirim kemudian. jangan pernah mentransfer sejumlah uang pada orang yang anda tidak kenal.

      1. jadi kalo online shopping, barangnya dulu dikirim baru transfer?
        gmana sih cara aman belanja online. lagi ngebet samsung galaxy, trus di fb ada yg jual 2,7jt, pdahal official pricenya 6,6jt-an.tips dong!!!

  2. black market memang ada dbatam
    lokasinya di nagoya lucky plaza
    kalau tidak prcya dtg aja lgsung

    1. Memang ada, tp cek harganya… Justru nya banyak di inet mngaku2 tinggal di batam dan menjual barang BM dengan harga miring

      Saya ini tinggal di batam loh

      1. mas sterli aq mau tnya dunk aq pingin beli hp tp ko hrganya miring bngd tmpnya diriau, kira2 itu penipuan bukan yah tp info iklannya lewat berniaga.com mas..

  3. jadi kalo mau pake barang BM, sama gak sih dengan yang legal? soalnya ada yg nawarin, dy emang tinggal di batam, tapi masih raguuuuu bgt,,,

  4. memang banyak penipuan yg trjadi d situs2 atau blog,, trmasuk teman saya yg prnah mengalaminya..
    yg akn saya tanyakan, apakah hal yg sperti (penipuan d web) ini tdk bisa terjerat hukum??

  5. ia…… penipu banyak bangat… saya aj hampir kena,,,,,, dia minta ditranferin dana nya,, saya ajak ketemu dan bayar di tempat.. dia kagak mau dengan alasan ini dan itu… emang banyak bajingan penipu.. di situs online,,, walau gak semua,,, tp mungkin 50persen penipu semua bro,,, kalo mank mau beli,, jangan sistim kirim uang,, ajak ketemu aj.. baru bayar ditempat…..

  6. selamat malam gan. terima kasih gan
    atas bantuannya sebelumnya. awalnya saya sempat tergiur
    dengan harga yang jauh murah dibandingkan harga yang ada
    dipasaran selain batam. dia menawarkan harga seperti sony
    xperia z2 misalnya toko dia menawarkan harga 4100.000 kalau
    dipasar harga normal 7.900.000. lain halnya dengan iphone 5s
    harga normal 9.500.000 buka bungkus dia menawarkan harga
    yang sangat jauh selisihnya yaitu 6.250.000 dan samsung s5
    5.555.000 dan lain lain. dia beralasan harga tersebut adalah
    harga promo. untuk pemesanan dia bilang harus lunas baru
    bisa dikirim barangnya, nyatanya saya ingin dp 2.000.000 dia
    mau gan. dan anehnya lagi beberapa orang (sekitar orang 13)
    comment status di wall facebook dia bahwa barang yang telah
    dipesan telah sampai. yang saya tanyakan disini brapa harga
    normal dibatam kepri, kalau memang harganya segitu mungkin
    dia bukan penipu ?. bila perlu saya minta brosur harga
    seluruh gadjet yang ada dibatam. kalau dia benar 2
    penipu kenapa orang yang 13 tadi comment barang yang telah
    dipesan sudah sampai. tolong gan di analisis agar saya tidak
    salah langkah, saya tahu agan lebih mahir dan mengetahui ini
    penipuan atau tidak. senangnya jika agan bisa membantu saya.
    untuk itu saya lampirkan foto penjual kali aja agan kenal
    dengan dia. trima kasih atas bantuannya

  7. Hati” sama web http://www.jakartablackmarket.com , ini merupakan modus penipuan online. Dia menjual berbagai type ELEKTRONIK. Sudah banyak korban yang terjerat tipu nya.
    Calon suami saya awalnya ingin memesan paket PS4 untuk kegiatan usaha. Tapi, saya ragu untuk memesan online, karen sudah 2x saya ditipu. Tapi, calon suami saya terus membujuk saya untuk deal memesan paket tersebut karena calon suami saya juga pernah memesan online dan itu terbukti penjualan yang JUJUR. Saya masih tetap ragu karena menurut saya ada keanehan. Dari berfikir mereka bisa menjual dengan harga yang jauh dari harga asli, mereka mendapat barang darimana? Namun, saya dan calon suami saya mengambil kesepakatan bersama kita coba dulu, kita test dulu kebenaran penjualan di website http://www.jakartablackmarket.com ini. Suami saya mengetestnya dengan memesan iphone 5s 64GB seharag 3,3 jt. Kami melakukan transfer di rekening Mandiri a/n Ibrahim Hasan, dengan no.rek 7073610375 kode bank 451. Kami melakukan transaksi pada hari Minggu, 1 Maret 2015. Teza sebagai pelaku penipuan ini menjanjikan barang akan sampai pada hari Senin, 2 Maret 2015, tapi barang tidak sampai juga. Kami bertanya kepada Teza dan jawabannya hari Selasa, 3 Maret 2015, KENYTAANNYA barang tidak kunjung sampai dan kami merasa tertipu. Pada waktu hari Selasa calon suami saya terus berusaha menghubungi Teza, namun tidak ada hasil, di SMS tidak ad respon, Telpon sengaja tidak di angkat. Untung saja kami tidak langsung mengtransfer paket PS4 seharga 20,2 jt. 3,3 jt saja kami sudah merasa dirugikan.
    Setelah saya lacak melalui nomor ponsel Teza, dengan kepala nomor 085277 saya sangat kaget, ini adalah kepala nomor yang terdaftar di Banda Aceh, padahal Teza mengaku dia org Jakarta. Pertama saya menguji nya untuk bertransaksi dengan cara bertemu langsung supaya menghindari hal yang tidak diinginkan. Namun, Teza menolaknya dengan alasan “kami selalu via online”, padahal mah takut ketahuan bohongnya. Saya juga sudah berusaha melacak melalui IP Adrress Teza, namun dia menggunakan ID lain. Saya sedang mencoba melacaknya melalui SATELITE. Mohon dukungannya yah dan minta doa nya supaya orang-orang semacam Teza ini tidak lg merugikan kita semua.
    Pada Rabu, 4 Maret 2015, saya berusaha menghubungi Teza (menggunakan nomor hp saya sendiri), ternyata di respon oleh Teza. Calon suami saya menelpon tidak di angkat sama sekali. Saya berpura-pura sebagai konsumen yang ingin memesan barang dari Teza. Saking niatnya dia makan duit saya yang merupakan hasil tipuan dia, dia sampai menelpon saya sebanyak 5x dalam 1 jam. Luar biasa Teza ini! Sepertinya sudah gak ada duit jadi dia mau minta duit dari saya dengan cara menipu. Kemudian saya SMS yang menanyakan tentang iphone 5s pesanan calon suami saya. Yang nama nya maling mana pernah ada yang mau mengaku, saya terus menyebutkan bukti apa saja yang menguatkan dia adalah seorang PENIPU. Dan dia pun mengaku sendiri kalo dia adalah PENIPU. Haha! Hati-hati dalam bertransaksi online yah guys, cukup kami yang pernah merasakan kesal n pahitnya ditipu sama orang yang gak punya kemampuan positif. Semoga bermanfaat untuk kalian. Terima Kasih.

    NAMA PENIPU : TEZA SUHERYANDI ( 0852 7726 7725 )

  8. Kalu seperti di shopee online shop, yang jual barang black market itu bisa dipercaya gak gan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *