Image result for black market indonesia

[SPOILER SEBELUMNYA]

Hi, saya sudah dinas di Batam. Beberapa waktu lalu saya mengelilingi pasar swalayan dan ruko-ruko yang menjual barang-barang gelap alias Black Market.

Kenapa bisa disebut Black Market? Karena di Batam bebas dari pajak sehingga barang-barang yang masuk dari bea tidak akan dikenakan pajak. Namun jangan diartikan bahwa barang gelap/black marketmerupakan barang dengan harga 50% dari harga barang di Jakarta.

Penjual-penjual disana mengklaim bahwa barang gelap/black market itu hanya selisih Rp.400.000 – 600.000 dari harga pasaran di Jakarta, so jangan mudah tertipu oleh web-web yang menjualkan barang-barang gelap di bawah 50% harga Jakarta.

[UPDATE 2019]

Media sosial seperti Instagram, facebook dan web blogspot ada beberapa oknum yang menjajahkan barang gelap/black market dengan melakukan transaksi lebih dahulu dan mengirim kemudian. Perlu diketahui harga barang yang telah diposting pada media sosial  tersebut adalah harga  50% (diluar kewajaran) dari harga pasar di Jakarta = PENIPUAN. Dan apabila anda mentransfer maka anda akan dikirimkan ucapan terima kasih kepada oknum-oknum tersebut.

Secara logika bahwa barang yang dijual dan berlokasi di Batam tidak mungkin harga tersebut dibawah 50% dari harga pasaran Jakarta. Ataupun dibawah kewajaran harga perangkat handphone.

Oknum-oknum seperti ini mengklaim bahwa barang mereka adalah dari Batam. bekas dan lain-lain. Ternyata TIDAK! Mengapa? Mereka hanya memposting spesifikasi dan foto-foto yang diambil di dunia maya bahkan mengambil dari lapak-lapak orang lain yang telah diposting di marketplace. Dengan menjebak pembeli untuk melakukan transaksi lebih dahulu.

Sampai saat ini penipuan semacam ini sudah marak populer, banyak pula korban-korban yang telah ditipu oleh oknum dengan mengandalkan senjata media sosial. Hati-hati lah membeli barang melalui media sosial seperti instagram, facebook ataupun blogspot dan menyatakan lokasi di Batam ataupun harga miring diluar kewajaran harga barang tersebut. Terkecuali mereka bermodal hosting dan domain yang sudah ditetapkan juga mempunyai sistem pemesanan mereka sendiri ataupun menggunakan jasa marketplace yang populer seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan sebagainnya.

Foto berikut adalah web scammer/Penipuan yang berlokasi di Batam. Seperti kita ketahui harga barang tidak mungkin dibawah harga pasar Jakarta. Silahkan anda cek keberadaan harga barang-barang tersebut :).

Harap berhati-hatilah membeli barang dimedia sosial yang mengaku di Batam dan tidak tahu lokasi Plaza-Plaza di Batam ataupun mengklaim bahwa harga tersebut dibawah harga pasar (tidak wajar).

Masih penasaran sama barang-barang yang dijual dengan harga sinting diatas? Telp saja penjualnya.. 😀Urusan diangkat telp atau dibalas SMS nya itu terserah anda :).