Beberapa waktu lalu Macbook Pro Retina Early 2015 saya mati total. Kaget bukan main, pastinya. Saya pun panik, lalu saya sadar sebelum mati total, Macbook saya dalam tahap kalibrasi.

Biasanya saya melakukan kalibrasi pada Macbook secara berkala dengan frekuensi terkadang 1 bulan, terkadang 2 bulan sekali. Namun karena kalibrasi Macbook itu memakan waktu yang lama, akhirnya saya memutuskan untuk memaksa kinerja macbook hingga 100% dengan meng-compile pekerjaan melalui aplikasi XCode. Alhasil macbook tersebut mati dalam keadaan deep sleep. Setelah deep sleep saya tinggalkan selama 8 jam lebih agar baterai nya benar-benar habis.

Setelah selesai kalibrasi selesai, saya tancapkan Magsafe 2 ke Macbook saya lalu menyalakan kembali untuk kembali bekerja. Belum sampai 30 menit, tiba-tiba macbook saya mati total. Memang aneh sih, saya pun tidak menjalankan program yang berat tiba-tiba macbook mati. Saya sempat mengindikasikan bahwa macbook saya ketika wake dari kondisi deep sleep, macbook saya panas sekali hingga akhirnya mati total.

Saya menyerah dan putus asa akan hal ini, lalu saya membawanya ke Jaya Mac Computer. Kebetulan pemilik Jaya Mac Komputer adalah Bapak Rusli yang notabene adalah kawannya kawan saya yang berada di Batam waktu lalu.

Bapak Rusli mengatakan Macbook saya banyak Staingate ? Wait Staingate ? Apa itu ? Staingatemerupakan  penyakit bawaan LCD Retina segala jenis Macbook Retina. Menurut Bapak Rusli, staingate bisa terjadi dikarenakan pada saat menutup lid (menutup macbook) dalam kondisi yang masih panas. Pada saat kita menutup lid macbook, secara bersamaan macbook mengeluarkan panas dari keyboard. Keyboard macbook memang didesign untuk mengeluarkan sedikit panas (tapi tidak banyak seperti exhaust pada fan macbook) bila dimatikan.

Ketika terjadinya panas dalam kondisi mati, maka terjadilah pembakar pada layar LCD Retina dan sudah pasti menimbulkan Staingate pada layar Retina Macbook.

Lalu bagaimana cara menghilangkannya? Sampai saat ini belum ada cara menghilangkan Staingate kecuali mengklaim ke AASP (Apple Authorized Service Provider) untuk mengganti layar yang terkena Staingate.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, sebuah pepatah tepat untuk kasus Staingate ini. Berikut saya share cara mencegah Staingate.

  1. Pastikan  pada saat mematikan Macbook Retina anda tidak langsung menutup lid LCD Macbook anda.
  2. Diamkan selama kira-kira 10-15 menit dan secara berkala mengukur suhu panas yang keluar dari keyboard dengan tangan anda (bukan termometer ya :P).
  3. Jika dirasakan sudah tidak ada suhu panasnya lagi didalam keyboard macbook, anda dapat menutup lid layar.
  4. Pastikan layar selalu bersih untuk mencegah Staingate datang dari debu.
  5. Untuk membersihkan layar, pastikan anda tidak menggunakan cairan ataupun spray untuk pembersih kaca, cukup gunakan lap dengan bahan microfiber.
  6. Gunakan screen protector (bila perlu) untuk mencegah Staingate yang berasal dari debu.

Adapun beberapa kasus Staingate seperti berikut :

Image result for staingate macbook pro
Dari berbagai sumber

Demikian tips dari saya untuk pencegahan Staingate pada Macbook Retina anda. Semoga bermanfaat.